Kamis, 24 Mei 2012

Kode Rahasia Ponsel


BANYAK pengguna ponsel bingung dan panik jika menemukan permasalahan pada ponselnya dan merekapun mendatangi pusat service ponsel untuk segera memperbaiki kerusakan tersebut. Dalam benaknya mungkin ada perasaan takut jika kerusakan tersebut dapat mempunyai dampak yang lebih luas lagi ,sehingga harus segera membawanya ke pusat service.
Sebenarnya ada beberapa hal mudah yang semestinya dapat dilakukan jika terjadi permasalahan pada ponsel Anda, yang mungkin sangat mudah tetapi tak sempat terpikirkan dalam benak Anda atau kemungkinan lain tidak mengetahuinya .Hal mudah tersebut adalah melakukan format dan reset factory setting jika ponsel Anda mengalami permasalahan atau lebih dikenal dengan hard reset ponsel. Mungkin sebagian dari pengguna ponsel tidak mengetahui cara melakukannya atau merasa takut dan ngeri untuk melakukan format tersebut
Padahal dengan melakukan reset factory setting banyak sekali permasalahan ringan pada ponsel yang bisa diatasi. Seperti hang yang dapat membuat kinerja ponsel anda lambat atau tidak berfungsi sama sekali, ponsel sering restart atau auto on of, sering mati sendiri dalam beberapa menit atau jam, tidak ada dering, tulisan SMS tidak bisa tampil abjad /huruf tetapi yang tampil hanya Numerik atau angka saja, munculnya pesan ” MEMORY FULL” padahal isi memory dalam kondisi masih banyak kosong dan sebagainya.
Beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum melakukan perbaikan tersebut :
1. Ponsel akan kembali pada settingan awal seperti awal mula factory setting, sehingga data -data penting seperti Phonebook ,ringtone ,gambar dan aplikasi akan hilang.Gunakan software bawaan seperti PC suite untuk memback up data tersebut atau jika ponsel anda menggunakan Memory eksternal pindahkan data ke memory tersebut.
2. Hafalkan lokasi settingan bahasa, untuk mencegah perubahan bahasa tampilan yang dapat membuat Anda bingung, terutama pada ponsel – ponsel yang Anda kurang memahami menunya.
3. Untuk seri comunicator, Anda dapat menghapus file officenya sehingga harus instal kembali.
Cara -cara melakukan reset pada berbagai ponsel berdasarkan urutan kerusakan yang sering ditemui :
NOKIA SERI 60
1. Pastikan baterai full atau minimal setengahnya untuk mencegah gagal melakukan proses rebooting
2. Sebaiknya jangan gunakan kartu memori karena dapat mengakibatkan kartu memory tidak terbaca setelah proses rebooting.
3. Proses reset dilakukan pada saat ponsel hidup dan menggunakan simcard
4. Masukkan kode *#7780# lalu akan tampil pesan notifikasi pada layar untuk melakukan reset , tekan OK. Setelah itu anda diminta untuk memasukkan security kode phone, masukkan kode standarnya yaitu 12345, Ponsel akan mereset data tersebut dan tunggu sampai proses selesai.Jika kode sandar sudah dirubah maka anda tidak dapat melakukan proses ini.
5. Masukkan kode *#7370# . lakukan proses seperti soft reset.
NOKIA SERI 40
1. Proses reset dilakukan saat ponsel hidup dan menggunakan simcard
2. Ketik tombol *#7780# ,
3. Tekan Ok
4. Masukkan kode standar 12345
5. Tekan yes dan ponsel akan restart.
NOKIA COMMUNICATOR ( 9210 ,9300 dan 9500)
1. Matikan ponsel
2. Lepaskan baterai dan memory eksternal
3. Tunggu sekitar 10detik lalu masukkan baterai kembali
4. Buka ponsel untuk melihat layar dalam, setelah layar dalam hidup segera tekan tombol CTRL + SHIFT + F secara bersamaan. Proses ini dilakukan sebelum tampil gambar tangan pada layar dalam.
5. Setelah itu akan tampil pesan notifikasi apakah anda akan melakukan format ponsel ?
6. Tekan ok dan tunggu sampai proses selesai.
NOKIA 7710 DN 7700
1. Matikan ponsel
2. Lepaskan baterai dan memory eksternal
3. Tunggu sekitar 10 detik lalu masukkan baterai kembali
4. Ketika tampil tulisan nokia pada layar ponsel segera tekan dan tahan tombol kiri diatas tombol menu + tombol menu + tombol nomor dua dari kanan atas ponsel
5. Setelah itu akan tampil pesan notifikasi melakukan format ponsel
6. Tekan tombol proceed
7. Tunggu sampai proses selesai.
NOKIA CDMA
1. Masuk ke menu utama
2. Pilih “setting “
3. Pilih ” restore factory setting “
4. Tampil pesan pada layar ” security Code” lalu masukkan kode standarnya 12345
5. Tekan Ok

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar